BMKG melalui Stasiun Klimatologi Kelas I Sumatera Utara kembali sukses menyelenggarakan Sekolah Lapang Iklim, kali ini berupa Sekolah lapang iklim Mitra strategis atau SLI tematik yang mengangkat tema “Meranjut Kolaborasi Perkuat Kerja Sama Dengan Mitra Strategis”. Kegiatan ini dilakukan di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention Centre tanggal 3 Mei 2024.

SLI ini merupakan upaya BMKG Stasiun klimatologi kelas I Sumatera Utara untuk mengeksplorasi merancang dan menggalang upaya kolaboratif yang lebih kuat dengan mitra-mitra strategis yang sangat berarti bagi kesuksesan organisasi ini.

Kegiatan Sekolah Lapang Iklim ini dilaksanakan dengan peserta sebanyak 50 orang yang terdiri dari beberapa stakeholder seperti PTPN, PT. Socfindo, PT London Sumatra Indonesia, Bank Indonesia, USAID IUWASH Tangguh Medan, BITRA Medan, Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara, Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumatera Utara, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatera Utara, Universitas Medan Area, Institut Teknologi Sawit Indonesia, DPW Indonesia, Pusat Penelitian Kelapa Sawit, BKS PPS Museum Perkebunan, Balai Wilayah Sungai Sumatera 2, UPT BMKG di wilayah Medan, dan sekitarnya.

Kegiatan ini mendapat dukungan dan dihadiri langsung oleh Deputi bidang klimatologi BMKG. Kegiatan ini dilakukan diskusi antar stakeholder untuk membahas berbagai hal, khususnya kolaborasi dan hal yang berkaitan dengan produk informasi yang dibuat oleh BMKG. Kegiatan diawali dengan pre test dan diakhiri dengan post test. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta mengenai cuaca dan iklim.

Melaluli kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi serta dapat menciptakan langkah-langkah strategis dengan pondasi yang kuat, untuk mewujudkan BMKG emas, masyarakat selamat, Indonesia sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *