Stasiun Klimatologi kelas I menggelar kegiatan Focus Group Discussion Evaluasi Sekolah Lapang Iklim tahun 2023 di Aula Staklim. Kegiatan ini dihadiri oleh kalangan akademisi serta stakeholder terkait yang pernah terlibat langsung dalam kegiatan Sekolah Lapang Iklim BMKG tahun 2023. Kegiatan berjalan dengan lancar. Kegiatan juga diselenggarakan secara hybrid secara online melalui zoom meeting.

Beberapa hasil diskusi tanya jawab adalah sebagai berikut:

RRI

Q : RRI memiliki program tanggap bencana, sehingga apabila ada informasi tanaman pangan dapat disampaikan ke RRI. Apakah lokasi sli 2024 sama dan jenis tanamannya sama?

A : lokasi dilihat dari pemangku kebijakan didaerah lokasi apakah mendukung untuk dilaksanakan didaerah tersebut.  

BI

Q : Pengaruh cuaca dan iklim sangat mempengaruhi produksi pertanian seperti cabe. bmkg mencoba memberikan penjelasan tentang hubungan iklim terhadap produktivitas cabai khususnya di dairi.  bi sudah membantu alat sensor cuaca , untuk kemudia alat sensor tersebut lebih maksimal pemanfaatannya. untuk kedepannya di 2024 untuk diskusi lintas sektoral antara bmkg dan bi mengikutsertakan stakeholder yang lain.

A :  Diskusi akan dilaksanakan dengan bi serta stakeholder linear untuk mendukung pencegahan inflasi daerah untuk ketahanan pangan. prakiraan musim digunakan untuk perencanaan kapan jadwal tanam. dan prakiraan harian untuk merencanakan kapan memupuk. pengembangan sdm petani binaan tentang iklim bisa disampaikan untuk menambah pengetahuan para petani binaan.

BSIP

Q : kerjasama dengan polbangtan, 1995 sudah ada kerjasama dengan BMKG. opbs padi pasar miring , padi tersebut diperuntuhkan untuk benih dan sudah dipasang alat bmkg. seluruh paramater iklim bisa diberikan sebagai data pendukung.

Alat curah hujan cukup dibutuhkan di kantor BSIP , produktifitas edamame berapa setelah dilaksanakan SLI? dengan mengkolaborasi dengan mahasiswa polbangtan dapat di masukkan untuk memanfaatkan data iklim terhadap tanaman.

A : kedepan apabila sudah kerjasama , untuk perawatan dan pemeliharaan peralatan dapat dilakukan bmkg.

DINAS PERKEBUNAN

Q : usulan perbaikan untuk sli kedepan akan diusulkan berikutnya

uptptph

Q : agar penakar curah hujan supaya di perhatikan lagi, apabila ada sli yang akan datang melibatkan petugas UPT PTPH dikarenakan sudah banyak petugas baru. sehingga meningkatkan pengetahuan tentang pengaruh iklim terhadap hama tanaman.

A : alat manual tidak diijinkan untuk digunakan untuk pengamatan iklim, peralatan otamatis yang disarankan. peralatan otomatis yang diusulkan tahun 2024 berada di Bah Jambi, Simalungun. Dinas Pengairan , BWS,Inalum, perkebunan sudah melakukan pengamatan curah hujan, namun kedepan akan kita hidupkan kembali jaringan pos hujan yang sudah rusak.

USAID IUWASH TANGGUH

Q : jika memungkin dapat kita berkolaborasi kembali di 5 wilayah rencana

A : kolaborasi akan kita dukung dan akan kita diskusikan kembali untuk rencana kedepan dengan usaid.

UMSU

Q :  2 x melakukan kunjungan ke staklim sumut, apakah bisa dilakukan gabungan antara sli dengan kegiatan tersebut dan dapat menggunakan tempat dikampus umsu.

pembuatan buku kesesuaian tanaman tumbuh berdasarkan parameter iklim yang mungkin dapat kerjasama untuk melakukan tersebut

kerjasama untuk menyampaikan melalui radio tentang para petani

FAKULTAS PERTANIAN UISU

Q : bagaimana bmkg melakukan SLI berkesinambungan untuk menandatangani mou ataupun moa

bagaimana bmkg membarikan data BMKG untuk penelitian.

kampus akan menitipkan mahasiswa untuk melakukan penelitaan di staklim

A : mengajukan surat permintaan data untuk penelitian, dan membuat surat pernyataan penelitian tersebut tidak ada pendanaan dari pihak kampus.

ITSI

Q : di ITSI ada matkul klimatologi , tahun 2024 disarankan matkul tersebut kedepan bisa dimasukkan  alam kegiatann  sli tersebut.

dr. martha

Q : bagaimana cara kita memanipulasi tanaman terkait pengendalian hama tanaman. budidaya bawang merah didataran rendah untuk penelitian berikutnya. membandingkan perilaku tanaman horti ketika ditanam pada saat musim hujan dan musim kemarau.

POLBANGTAN MEDAN

Q : masih menunggu MoU yang masih belum rampung.

menambah pengajar (dosen) di polbangtan sebagi dosen praktisi.

mengadakan stasiun pengamatan mini di kampus polbangtan.

info dari BMKG Polbangtan menyediakan aplikasi

One thought on “FGD Evaluasi Sekolah Lapang Iklim tahun 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *