Setelah sukses menyelenggarakan kegiatan Sekolah Lapang Iklim, kali ini stasiun klimatologi Deli Serdang yang kini beralih nama menjadi Stasiun klimatologi kelas I Sumatera Utara, menggelar SLI Expo di Kota Medan pada 3 hingga 4 Desember 2021. Kegiatan SLI Expo ini ditautkan pada Festival Benih dan Buah tahun 2021 di UPT Benih Induk Tanaman Hias dan biofarmaka yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Sumatera Utara.

Dalam kesempatan ini, Plt Deputi bidang Klimatologi, Kepala Pusat Layanan Info iklim terapan, kepala BBMKG wilayah I Medan beserta rombongan juga menyempatkan diri mengunjungi kantor Staklim dan memberikan arahan kepada para pegawai. Dalam kunjungannya, Deputi Bidang Klimatologi mengatakan bahwa sebagai ASN kita harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh istri Gubernur Sumatera Utara, Nawal Edy Rahmayadi, didampingi Deputi Klimatologi, Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan, Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara, Kepala BPTP Sumut, serta kepala UPT BMKG di Kota Medan dan sekitarnya. Dalam kesempatan ini, Gubernur Sumut memberikan ulos kepada BMKG melalui Deputi bidang Klimatologi sebagai cinderamata atas suksesnya kegiatan SLI Sumut Expo ini. Selain itu, BMKG juga turut memberikan plakat sebagai cinderamata kepada sejumlah instansi dan stakeholder terkait yang bekerja sama dengan Stasiun Klimatologi Kelas I Sumatera Utara seperti Dinas Pertanian dan BPTP Sumut.

Kegiatan SLI Expo ini membuka peluang bagi stakeholder BMKG untuk berkolaborasi bersama dalam meningkatkan pemahaman kelompok tani mengenai iklim untuk adaptasi terhadap variabilitas iklim serta mengantisipasi kejadian iklim ekstrim. Melalui Pengenalan Sekolah Lapang Iklim BMKG dalam expo benih dan buah  ini diharapkan dapat mewujudkan pengembangan pertanian dan kedaulatan pangan di Indonesia khususnya di Sumatera Utara.

One thought on “SLI Sumut Expo 2021 Sukses digelar di Kota Medan

  1. Kamat Sitompul yang merupakan BMKG Kec. Pahae Jae, Kab. Tapanuli Utara tidak dikenal oleh kepala kantor camat Pahae Jae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *