BMKG melalui Stasiun Klimatologi Deli Serdang kembali menyelenggarakan Sekolah Lapang Iklim, kali ini berupa SLI Tematik yang diselenggarakan di Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo pada Kamis, 25 November 2021.
Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Tiga Binanga dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan / menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Adapun yang menjadi peserta dalam kegiatan Sekolah Lapang Iklim ini yaitu PPL dan petani dari kelompok tani di sekitar kecamatan Tiga Binanga.
Kepala Balai MKG wilayah I Medan, Hartanto, M.Si turut membuka kegiatan ini secara daring. Para undangan yang hadir langsung dalam kegiatan ini antara lain perwakilan anggota Komisi V DPR RI, Kepala UPT PTPH Prov Sumut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Kepala UPT BMKG se wilayah Sumatera Utara, Camat Tiga Binanga, Anggota Koramil 08/TB, Polsek Tiga Binanga, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Karo di Tiga Binanga, lurah dan kepala Desa se kecamatan Tiga Binanga.

Materi yang disampaikan antara lain pengenalan unsur cuaca dan iklim serta pemahamannya yang disampaikan oleh tim BMKG dari Staklim Deli Serdang, selanjutnya materi mengenai pengendalian hama dan penyakit tanaman pada tanaman jagung yang disampaikan oleh tim Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara.

Sesuai dengan Tema yang diambil, Sekolah Lapang Iklim ini diharapkan dapat mendukung kesejahteraan petani dan meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya tanaman holtikultura yang memang menjadi produk unggulan di Kabupaten Karo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *