Sekolah Lapang Iklim Operasional Sumut 2021 Dukung Program Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan Menuju Kampung Tanggap Iklim

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Klimatologi Deli Serdang menyelenggarakan Sekolah Lapang Iklim Operasional tahun 2021 di Desa Siria-ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan sekaligus penandatanganan perjanjian kerjasama demplot bersama PT. Calbee Wings Food dan juga penanaman perdana bawang putih PT. Parna Raya di lahan Food Estate.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021 secara offline di lokasi penanaman maupun online secara zoom meeting. Kegiatan ini dibuka dan dihadiri secara langsung oleh Bupati Humbang Hasundutan, Bapak Dosmar Banjarnahor, SE. Kepala Balai Besar MKG wilayah I Medan, Bapak Hartanto, M.Si serta Kepala BPTP Provinsi Sumatera Utara, Ibu Dr. Khadijah El Ramija, SPi, MP, sejumlah Kepala Stasiun di lingkup Balai Besar MKG wilayah I, serta sejumlah stakeholder terkait turut hadir secara langsung di lokasi Food Estate untuk mendukung rangkaian kegiatan ini.

Kegiatan ini juga dihadiri secara online melalui zoom meeting oleh Drh. Jhoni Allen Marbun, MM dari komisi V DPR RI. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau mengatakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) menjadi bisa menjadi salah satu solusi adaptasi perubahan iklim di sektor pertanian guna mengurangi kerugian akibat kejadian ekstrem cuaca yang mempengaruhi produksi pertanian secara kuantitas maupun kualitas yang dapat mengancam ketahanan pangan nasional.

Selain itu, hadir pula Bapak Urip Haryoko, M.Si selaku Plt. Deputi Klimatologi BMKG yang juga memberikan sambutan melalui zoom meeting. Beliau menyatakan bahws pada situasi pandemi Covid 19 ini, kegiatan SLI Operasional tahun 2021 dilaksanakan secara hybrid, secara online dan juga offline dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan penakar hujan secara simbolis dari BMKG kepada Dinas Pertanian Humbang Hasundutan yang diwakili oleh Kepala Balai Besar MKG wilayah I didampingi Kepala Stasiun Klimatologi Deli Serdang.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan penandatanganan kerjasama demplot antara PT.Calbee Wings Food dengan pemerintah kabupaten Humbang Hasundutan dan kelompok tani Ria Kerja.

Penanaman perdana bawang putih PT. Parna Raya di lahan Food Estate Desa Siria-ria diikuti oleh Bupati Humbang Hasundutan, Bupati Pakpak Bharat, owner, presiden direktur, dan finance director PT. Parna Raya, Kapolres Humbang Hasundutan, Manager Lapangan Humbang Hasundutan, kepala dinas pertanian Kabupaten Humbang Hasundutan, Kepala BPTP Provinsi Humbang hasundutan, pastor setempat, serta kelompok tani Ria Kerja.

Adapun yang menjadi peserta dalam kegiatan SLI operasional ini meliputi sejumlah petani, kepala kelompok tani, serta PPL dari kecamatan di wilayah Humbang Hasundutan. Terdapat beberapa materi pokok yang disampaikan pemateri pada kegiatan SLI Operasional ini, antara lain pengenalan unsur cuaca dan iklim, pemahaman informasi iklim serta pemanfaatannya, neraca air lahan, dan juga mengenai penyesuaian pola tanam.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran, pengetahuan serta pemahaman petani akan pentingnya informasi cuaca dan iklim, terutama dalam kaitannya dengan penentuan pola tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *