Peneliti Staklim (Hendri Irwandi, M.Si) mengikuti kegiatan Eksposisi Lapangan Akhir Penyusunan Dokumen Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup. Acara diselenggarakan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan.

Melalui kegiatan  ini, diharapan dapat menjadi langkah awal yang dapat memperkaya wawasan para pesertaa tentang daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup dalam perspektif spasial dan dapat dihasilkan suatu kesamaan persepsi dan pikiran yang bermanfaat dari para peserta dalam merancang kebijakan serta mencari solusi terhadap berbagai permasalahan dalam perencanaan pembangunan di daerah masing-masing.

Perhatian terhadap daya dukung lingkungan dan daya tampung dalam perencanaan dan pengembangan wilayah dimaksudkan agar pemanfaatan ruang didasarkan pada kondisi lingkungan sehingga tidak melampaui batas – batas kemampuan lingkungan hidup dalam mendukung dan menampung aktivitas manusia tanpa mengakibatkan kerusakan dan pencemaran lingkungan. Kebijakan pembangunan yang didasarkan dengan pertimbangan daya dukung dan daya tampung lingkungan dapat menghasilkan kebijakan yang lebih ramah terhadap lingkungan sehingga kerusakan dan pencemaran lingkungan dapat diminimalkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *