Para pegawai Staklim menyaksikan presentasi pada kegiatan Surface Training Course for RA V of WMO di Ruang Datin Staklim Deli Serdang.

BMKG bekerjasama dengan World Meteorological Organization (WMO) mengadakan WMO OSCAR Surface Training Course for RA V yang diadakan mulai dari tanggal 18 hingga 20 September 2018. Bertempat di ruang Serbaguna BMKG, workshop yang diikuti oleh negera-negara anggota WMO yang tergabung di wilayah Regional Association V (RA V) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman National Meteorological Services (NMHSs) terkait Observing Systems Capability Analysis and Review Tool (OSCAR). OSCAR adalah tools yang digunakan untuk implementasi metadata standar secara elektronik semua platform pengamatan anggota WMO.

WMO OSCAR Surface Training Course for RA V dibuka oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo, M.Sc yang membacakan sambutan dari Kepala BMKG, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc, Ph.D, dimana dalam sambutan tersebut Kepala BMKG berharap para peserta training bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan mereka terkait sistim OSCAR ini.

Sementara itu Presiden RA V, Dr. Andi Eka Sakya, ikut memberikan motivasi pada para peserta dan menyatakan bahwa workshop OSCAR ini merupakan yang pertama kali diadakan di wilayah RA V oleh WMO. Oleh karena itu, para peserta diharapkan bisa mempelajari bagaimana cara memanfaatkan OSCAR ini dengan maksimal dan nantinya bisa membagi ilmu mereka di negara masing-masing.

WMO OSCAR Surface Training Course for RA V dihadiri oleh negara anggota RA V seperti Brunei, Cook Islands, Solomon Islands, Niue, Timor, Vanuatu, Philippines, Fiji, Malaysia, Papua New Guinea, Tonga, New Zealand, Kiribati, Singapore, Samoa, dan tentu saja Indonesia. Indonesia mengirimkan 15 peserta sementara jumlah peserta asing adalah 16 orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *