Pegawai Staklim Deli Serdang mengikuti kegiatan rutin senam aerobic di lapangan voli Staklim. Kegiatan dipandu oleh instruktur Liniwati dari Staf Datin.

Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang paling diminati wanita. Senam ini memang cukup mengasyikkan dan sangat efektif untuk membuat kita berkeringat. Terlebih lagi, di balik gerakan-gerakn lincah dan dinamis itu, senam aerobik ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Ini dia 12 manfaat senam aerobik yang bisa kamu dapatkan:

#1. Menambah Stamina Tubuh. Kamu pasti pernah merasa sangat lelah dan kehabisan energi karena harus mengerjakan banyak tugas. Kalau staminamu tidak prima, maka kamu akan mudah sakit. Senam aerobik merupakan latihan yang bisa menambah stamina dan ketahanan tubuhmu.

#2. Meningkatkan Fungsi Jantung. Latihan aerobik bisa meningkatkan detak jantung dan menstabilkan iramanya sehingga jantung menjadi lebih sehat.

#3. Menurunkan Berat Badan. Dari berbagai macam jenis latihan yang diklaim mampu menurunkan berat badan, senam aerobik sudah terbukti efektif untuk mengurangi berat badan.

#4. Mencegah Penyakit. Senam aerobik selain mengasyiknya, ternyata juga mampu mencegah dan mengurangi resiko berbagai macam penyakit, seperti stroke, penyakit jantung, kolesterol, bahkan kanker.

#5. Membuat Panjang Umur. Percaya atau tidak, sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University dan dipublikasikan di the New England Journal of Medicine pada tahun 1986 menunjukkan hubungan antara olahraga dan usia manusia. Salah satunya adalah dengan senam aerobik yang sangat menyehatkan dan membuat panjang umur.

#6. Menyehatkan Otot. Otot manusia memerlukan oksigen untuk menghindarkan diri dari asam laktat dan kotoran lainnya. senam aerobik akan memacu aliran darah sehingga suplai oksigen ke otot tercukupi, dan terhindar dari kotoran-kotoran tersebut. Selain itu, aerobik juga bisa mengurangi nyeri otot kronis dan nyeri otot punggung.

#7. Mengembalikan Mood Dan Mengurangi Stres. Olahraga ini akan mengaktifkan endorphins, yang akan membuatmu tenang dan damai.

#8. Membersihkan Arteri. Aerobik mampu meningkatkan kolesterol baik, HDL, dan mengurangi kolesterol jahat, LDL, di dalam darah. LDL bisa menyebabkan penumpukan plak di dalam arteri yang sangat berbahaya bagi kesehatan, termasuk bagi jantung.

#9. Mengurangi Resiko Darah Tinggi. Dengan membantu melancarkan sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh, senam aerobik sangat bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi.

#10. Memperkuat Tulang Dan Sendi. Manfaat ini sangat penting bagi wanita, karena tulang dan sendi yang kuat dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis, yang sering menyerang wanita.

#11. Mempercantik Kulit. Ini yang sering kurang disadari wanita, bahwa senam aerobik juga sangat berguna untuk mempercantik kulit. Kulit akan semakin kencang. Dengan terbakarnya kalori dan lemak, serta keluarnya keringat dan kotoran-kotoran, kulit pun semakin bersih, terlihat muda, dan bercahaya.

#12. Membantu Memperbaiki Pernafasan. Kalau kamu sering merasa terengah-engah dan kehabisan nafas saat beraktifitas, mungkin saja kamu memiliki masalah pernafasan yang disebabkan oleh tumpukan lemak dan terganggunya aliran oksigen di dalam darah. Senam aerobik akan memperbaiki pernafasanmu sehingga nafasmu semakin kuat khususnya ketika melakukan aktifitas yang lebih berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *