Pegawai Staklim Deli Serdang mengikuti kegiatan Online Group Discussion dengan Tema BMN di Ruang Observasi pada tanggal 4 September dan Tema E-Kinerja di Ruang Datin pada tanggal 6 September 2018.

Online Group Discussion adalah sebuah diskusi online secara sycnhronous dan asynchronous dengan menggunakan koneksi internet untuk pegawai di lingkungan BMKG. Secara synchronous, aplikasi yang digunakan adalah aplikasi WIZIQ, yang merupakan aplikasi webinar hosting.

Untuk kegiatan asynchronous, jadwal presentasi online akan dilaksanakan setiap bulan pada hari selasa minggu ke-tiga. Tema akan ditentukan oleh Tim OGD dan akan dipilih presenter yang mengajukan presentasi terkait tema tersebut. Satu sesi presentasi online akan berisi 2-3 judul presentasi dengan tema yang sama. Link untuk presentasi online ini akan dikirim melalui email ke PIC (Person  In Charge) setiap Unit Kerja yang diundang. Sampai saat ini, jumlah maksimal peserta yang dapat ikut dalam satu sesi presentasi online dengan menggunakan aplikasi WIZIQ adalah 50 orang, termasuk presenter. Oleh karena itu, diharapkan UPT dapat mengikuti acara ini secara bersama-sama sehingga tidak memberatkan beban bandwidth di UPT dan memungkinkan untuk lebih banyak UPT yang dapat mengikuti.

Setelah sesi presentasi online, maka diskusi tentang topik terkait dapat dilanjutkan pada aplikasi LMS. Pada aplikasi ini, peserta diharuskan untuk memiliki akun personal terlebih dahulu, kemudian baru bisa masuk ke kelas (course) yang sudah disediakan. Untuk dapat masuk ke kelas tersebut peserta diharuskan enroll (mendaftar) dengan metode self-enrollment, dimana keikutsertaan peserta dalam kelas tersebut dapat di daftarkan sendiri oleh peserta yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *