Informasi iklim kini telah menjadi salah satu kebutuhan di berbagai sektor, misalnya untuk pertanian maupun penelitian. Salah satu media diseminasi informasi iklim ini adalah melalui media massa televisi. Televisi sebagai media massa elektronik konvensional, dimana tidak membutuhkan koneksi internet, dianggap mampu bertindak sebagai penyebar informasi yang paling efektif dan mampu merangkul berbagai kalangan.

Stasiun Klimatologi Deli Serdang sebagai salah satu penyedia informasi iklim turut serta melakukan diseminasi informasi melalui Inews TV atau dahulu disebut Deli TV. Kegiatan ini dilakukan setiap bulan dan ditayangkan setiap tanggal 30 di tiap bulannya. Pegawai Stasiun Klimatologi Deli Serdang secara bergiliran didaulat menjadi narasumber pada kegiatan ini. Adapun materi yang disampaikan antara lain informasi prakiraan curah hujan dan sifat hujan satu bulan ke depan serta analisis hari tanpa hujan bulan berjalan.

Dengan adanya diseminasi ini, diharapkan informasi iklim dari Stasiun Klimatologi Deli Serdang sampai kepada masyarakat serta pihak yang membutuhkan.

WhatsApp Image 2017-08-29 at 14.50.27

Gambar 1. Salah satu pegawai Stasiun Klimatologi Deli Serdang sedang melakukan diseminasi informasi iklim melalui Inews TV